Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Hal Penting untuk Ibu Hamil sebelum Mewarnai Rambut

mewarnai rambut ibu hamil

Bahan kimia yang dioleskan pada kulit Ibu hamil, setiap tetesnya akan terserap oleh tubuh melalui pori-pori kulit. Termasuk saat Ibu hamil mewarnai rambut, meski jumlahnya sangat sedikit, namun zat kimia yang terdapat dalam pewarna rambut akan diserap oleh tubuh.

Ini yang menyebabkan munculnya mitos bahwa ibu hamil tidak boleh mewarnai rambut karena dapat mengganggu tumbuh kembang janin. Ada juga mitos lain yang mengatakan bahwa mewarnai rambut dapat membuat janin mengalami kelainan bawaan sejaklahir, benarkah demikian?

Faktanya, zat kimia yang terdapat pada pewarna rambut memang terserap tubuh, namun jumlahnya sangat sedikit dan berbagai penelitian menegaskan bahwa pewarna rambut tidak berbahaya bagi perkembangan janin. Ini artinya Ibu hamil boleh mewarnai rambut.

dr. Riyani M. limoa, M.Kes, SpOG mengatakan, "Belum ada penelitian yang menegaskan bahwa mewarnai rambut berbahaya bagi janin, namun mungkin ada sedikit zat kimia dari pewarna rambut yang diserap oleh kulit kepala dan masuk ke janin dalam jumlah yang sedikit sekali dan dianggap tidak berbahaya."

Mewarnai Rambut Ibu Hamil

Dilansir dari huffpost.com, beberapa ahli memberikan jawaban mengenai masalah mewarnai rambut saat hamil. Berikut penjelasannya.
  1. Apakah bahan kimia pewarna rambut berbahaya bagi kesehatan janin?
    Menjadi hal yang wajar apabila ibu hamil khawatir tentang bahan kimia pewarna rambut, seperti amonia dan peroksida.

    Akan tetapi StyleCaster melaporkan, konsentrasi bahan kimia dalam pewarna rambut sangat sedikit sekali.

    Namun, apakah jumlah yang sedikit ini saat digunakan untuk mewarnai rambut cukup berdampak serius bagi kesehatan janin?

  2. Bahan kimia dengan jumlah kecil masih dapat ditolerir
    Sebuah observasi dilakukan oleh HuffPost, tim mereka berbicara dengan empat dokter untuk mencari tahu masalah ini, dan menurut mereka semua, jawaban singkatnya adalah bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut yang jumlahnya kecil tidak akan menyebabkan permasalahan pada kesehatan janin.

    Jadi, jika Anda sudah sering mewarnai rambut secara teratur, maka Anda tidak perlu berhenti ketika sedang hamil.

  3. Syarat rambut boleh diwarnai
    Pada penelitian yang dilakukan oleh HuffPost, mereka mengajak bicara beberapa dokter dan mencatat bahwa pewarna rambut pada umumnya tidak bersentuhan dengan kulit kepala dalam waktu lama dan itu tidak akan secara signifikan dapat membahayakan kesehatan janin.

    "Pewarna rambut tidak bersentuhan pada kulit dalam waktu cukup lama sehingga tidak mudah menyerap ke dalam aliran darah dengan cara yang berbahaya bagi janin yang sedang tumbuh," ungkap Dr Angela Lamb, direktur Westside Mount Sinai Dermatology Faculty Practice di New York City, kepada HuffPost.

    Dr Jennifer MacGregor, seorang dermatolog bersertifikat di Union Square Laser Dermatology di New York, menambahkan bahwa kulit kepala yang utuh tanpa luka hanya menyerap sedikit pewarna, namun luka atau goresan dapat meningkatkan penyerapan tersebut.

    Itu berarti jika Anda memiliki luka terbuka di kepala, barulah pewarna pada rambut dapat menyerap lebih banyak produk pewarna tersebut.

    Itulah sebabnya, jika Anda memiliki luka pada kulit kepala disarankan untuk tidak mewarnai rambut. Sebaiknya perhatikan apakah kulit kepala dalam keadaan sehat dan tanpa luka terbuka.

    Anda juga disarankan untuk mewarnai rambut bukan dari kulit kepala saat hamil, warnailah rambut dari batang rambut hingga ujung rambut saja untuk meminimalisir terjadinya hal yang tak diinginkan.

  4. Warnai rambut setelah trimester pertama berakhir
    Dr. Cynthia Gyamfi-Bannerman, Eugene Jacobson, dan Ellen Jacobson Levine, Profesor Kesehatan Wanita dalam kebidanan dan ginekologi di Columbia University Medical Center mengatakan, “Ada beberapa sumber merekomendasikan bahwa wanita yang ingin mewarnai rambut mereka saat hamil harus melakukannya setelah trimester pertama, akan tetapi tidak perlu menunda.”

    Dr. Cynthia juga mengatakan bahwa ada sebagian ibu hamil yang menunggu sampai trimester pertama berakhir untuk mewarnai rambut karena itu adalah waktu dimana organ janin sedang dibentuk.

    Jadi bersabar dulu ya sampai masuk trimester kedua.

  5. Bukan saat hamil, masalah utama mewarnai rambut adalah
    Masalah utama yang mungkin akan Anda hadapi saat mewarnai rambut adalah bukan karena Anda sedang hamil atau tidak tetapi apakah Anda sensitif dengan iritasi atau reaksi alergi potensial dari produk yang bersentuhan dengan kulit Anda, ungkap Dr. Fitzgeraldo Sánchez, Direktur Dermatologi di Maiden Lane Medical New York.

    Tidak ada cukup bukti atau penelitian yang mengatakan bahwa mewarnai rambut saat hamil akan membahayakan janin, ungkap keempat dokter diatas.

    Ada beberapa penelitian yang mengaitkan penggunaan pewarna rambut dengan peningkatan risiko jenis kanker tertentu, tetapi ada juga penelitian yang tidak menemukan keterkaitan sama sekali.

  6. Jika masih khawatir, ini yang perlu Anda lakukan
    Jika Anda masih merasa khawatir dengan efek negatif dari bahan kimia saat menggunakan pewarna rambut, Sánchez memberikan alternatif lain dari mewarnai rambut yaitu pilihlah pewarna rambut berbahan sayuran yang tidak memiliki iritasi yang sama dengan produk kimia.

    Anda juga bisa memilih highlight atau teknik pewarnaan lainnya, seperti balayage, yang tidak memerlukan pewarna untuk menyentuh akarnya.

    Para peneliti di Northwestern University juga bereksperimen dengan jenis pewarna rambut baru yang mereka percaya tidak terlalu berbahaya daripada produk alami, sehingga Anda memiliki banyak pilihan produk cat rambut.

  7. Baca intruksi sebelum mewarnai rambut
    Jika Anda sudah terbiasa mewarnai rambut di rumah, Anda harus memastikan untuk membaca semua instruksi didalam kemasan, memakai sarung tangan saat proses mewarnai dan menggunakan produk dengan waktu yang telah ditentukan.

    Penting bagi Anda yang sedang hamil dan ingin melakukan pewaraan rambut, ada baiknya Anda melakukan konsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu.

Itulah 7 hal penting yang harus ibu hamil tahu sebelum mewarnai rambut.

Jadi, apakah masih mau mewarnai rambut?

Post a Comment for "7 Hal Penting untuk Ibu Hamil sebelum Mewarnai Rambut"