Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Smoothing Gagal dan Solusinya

penyebab smoothing gagal

Rambut kering, kasar, mengembang, dan sulit diatur biasanya menjadi alasan para wanita untuk melakukan smoothing rambut. Para wanita pun berbondong-bondong datang ke salon untuk melakukan smoothing dengan harapan rambut menjadi lebih lembut dan gampang diatur.

Tidak hanya orang yang rambutnya susah diatur, ada juga orang yang melakukan smoothing karena rambutnya rusak atau hanya ikut-ikutan trend saja.

Anda bisa saja memilih salon terbaik untuk melakukan smoothing, akan tetapi, tidak luput kemungkinan jika smoothing yang Anda lakukan bisa gagal. Untuk menghindari gagal smoothing rambut, sebaiknya Anda ketahui faktor penyebabnya. Berikut adalah beberapa faktor penyebab gagal smoothing rambut.



Penyebab Smoothing Gagal

  1. Reputasi salon diragukan
    Terkadang tingkat ketenaran salon sangat penting untuk dijadikan acuan, apakah salon tersebut bagus atau tidak. Jika salon tersebut tidak memuaskan, tentunya tidak akan terkenal dan memiliki banyak pelanggan. Jadi, sebelum berangkat, cari tahu terlebih dahulu review salon tersebut seperti apa.

  2. Terjebak promo
    Banyak salon, apalagi yang baru berdiri, mengadakan promo besar-besaran. Biasanya pelayanan yang ditawarkan dalam harga promo adalah creambath, masker, extension, rebonding, dan smoothing.

    Terkadang, harga promonya sampai tidak masuk akal, yaitu melebihi setengah harga normal. Nah, Anda patut curiga kenapa harganya bisa jadi sangat murah, karena siapa tahu obat yang digunakan tidak bagus, atau cara melakukan smoothingnya asal-asalan.

  3. Bukan ditangani oleh kapster langganan
    Terkadang, walaupun mengunjungi salon yang sudah menjadi langganan, tapi di sana tidak ditangani oleh kapster yang biasa pegang Anda, bisa jadi hasilnya berbeda. Soalnya siapa tahu ada pegawai baru yang belum terlalu pandai untuk melakukan smoothing, karena smoothing ada tata caranya, tidak boleh asal-asalan.

  4. Salah analisa rambut
    Seorang kapster yang handal akan mampu menganalisa keadaan rambut dengan baik. Sehingga bisa mengaplikasikan obat pelurus rambut dengan tepat. Jika kapster tidak mampu menganalisa keadaan rambut, maka bisa jadi salah dalam proses pengaplikasian obat pelurus rambut.

  5. Terlalu banyak memberi obat step 1 
    Proses step 1 dalam smoothing harus dilakukan dengan tepat. Jika salah maka akan berakibat fatal. Seperti terlalu banyak memberi obat step 1 dan pengaplikasiannya tidak rata (menumpuk) maka akan membuat rambut patah dibagian tengah.

  6. Over Processing
    Masih berhubungan dengan obat step 1. Jika step 1 ini terlalu lama didiamkan, maka akan terjadi over processing yang akan mengakibatkan rambut menjadi kering. Waktu ideal untuk mendiamkan obat step 1 adalah sekitar 15-20 menit.

  7. Kualitas catok kurang bagus
    Catok untuk smoothing rambut tidak bisa menggunakan catok yang biasa-biasa saja, harus menggunakan catok khusus smoothing rambut. Karena jika catok kurang panas atau terlalu panas, maka akan membuat proses pelurusan rambut menjadi gagal.

  8. Pencatokan rambut terlalu tebal
    Saat proses pencatokan rambut, jangan mencatok rambut terlalu tebal, karena bisa membuat proses pelurusan rambut terhambat. Ketika proses pencatokan, rambut harus dicatok tipis-tipis agar hasilnya maksimal. Disinilah dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan seorang kapster.

Setelah Anda mengetahui faktor penyebab gagal smoothing, sekarang Anda harus tahu bagaimana ciri-ciri rambut yang gagal dalam proses smoothing.

Ciri-ciri Smothing Gagal

  1. Rambut akan terlihat mengembang
    Apabila hasil smoothing rambut Anda masih terlihat mengembang, mungkin hair stylist yang mengaplikasikan kurang memberikan cream pelurusan. Sehingga obat yang terdapat dalam cream tidak bekerja maksimal. Atau bisa juga disebabkan karena peralatan yang digunakan saat smoothing tidak memiliki kualitas yang bagus atau kurang memadai seperti catok misalnya.

    Cream pelurus yang digunakan juga harus sesuai dengan kondisi rambut Anda agar dapat menghasilkan rambut lurus sesuai dengan apa yang diinginkan.

  2. Rambut menjadi rontok dan patah-patah
    Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor yang dilakukan pada saat smoothing, salah satunya adalah karena terlalu banyak melakukan aplikasi di bagian pangkal rambut yang menyebabkan rambut rapuh dan terjadi kerontokan.

    Bisa juga dikarenakan catok yang digunakan terlalu panas dan terlalu banyak diaplikasikan pada pangkal rambut, serta penggunaan cream yang terlalu kuat dan tidak sesuai dengan kondisi rambut Anda. Sehingga mengakibatkan rambut tidak kuat untuk menerima obat pelurus rambutnya.

  3. Rambut terlihat kering, rusak dan pecah-pecah
    Hal ini bisa terjadi karena catok yang digunakan terlalu panas dan cream yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi rambut Anda. Terlebih apabila rambut Anda sudah pernah diluruskan kemudian melakukan pelurusan rambut kembali, hal itu akan membuat rambut Anda terlalu banyak terkena bahan-bahan kimia yang dapat merusak rambut seperti yang sudah dijelaskan diatas.

  4. Rambut kembali keriting setelah diluruskan
    Rambut kembali keriting setelah smoothing bisa disebabkan karena Anda mencuci rambut sebelum 48 jam setelah proses smoothing. Hal ini sangat berpengaruh karena dalam 48 jam pertama obat pelurus rambut sedang bekerja dan apabila dikeramas maka akan membuat rambut keriting kembali. Bisa juga karena hair stylist yang membantu proses smoothing salah memprediksikan dan mendiagnosa untuk mengaplikasikan bahan smoothing rambut Anda.

Penyebab smoothing gagal sudah Anda ketahui, begitu juga dengan ciri-ciri rambut yang gagal dalam proses smoothing, sekarang saatnya Anda mencari solusi untuk masalah tersebut.

Solusi Smoothing Gagal

Tapi, jangan dulu menangis bombai karena smoothing yang Anda lakukan gagal. Kita akan coba memberi tahu Anda solusi untuk memperbaiki rambut yang gagal smoothing. Masih ada harapan supaya rambut Anda bisa kembali lembut dan lurus!
  1. Masker
    Masker rambut Anda! Gagal smoothing berarti rambut Anda jadi rusak. Nah, cara terbaik untuk memperbaiki rambut rusak adalah dengan menggunakan masker rambut.

  2. Hair Spa
    Apa itu hair spa? Jadi, perawatan rambut itu tidak cuma creambath dan masker saja, tapi ada juga yang namanya hair spa. Sebenarnya perawatan ini tidak berbeda jauh dengan creambath. Bedanya terletak pada krim, alat, dan teknik yang dipakai.

    Krim hair spa jauh lebih rich dan dapat meresap lebih dalam hingga ke folikel rambut. Hasilnya pun terlihat lebih cepat dan nyata dibandingkan Anda melakukan creambath.

    Hair spa diaplikasikan menggunakan tangan dan brush. Sedangkan creambath diaplikasikan pakai tangan saja. Hair spa sangat bagus untuk “menyembuhkan” rambut kering, rontok, dan mengembang. Cocok banget buat yang gagal smoothing.

    Perlu diperhatikan, yang boleh Anda lakukan hanya masker dan hair spa saja, creambath sangat tidak boleh dilakukan. Soalnya creambath ada gerakan menarik-narik rambutnya. Ketika kondisi rambut Anda sedang rapuh-rapuhnya karena gagal smoothing, menarik rambut tentu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan.

  3. Smoothing Ulang
    Cara menanggulangi rambut gagal smoothing yang paling ampuh ya memang dengan smoothing ulang. Tunggu sekiranya satu minggu sebelum Anda melakukan smoothing yang selanjutnya.

    Supaya smoothing yang kedua ini tidak gagal lagi, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu bagaimana tahap-tahap smoothing yang benar. Jadi, kalau ada yang mencurigakan Anda bisa protes.

  4. Perawatan Bahan Alami
    Kalau Anda lebih suka yang serba nature, ada juga cara-cara memperbaiki rambut gagal smoothing pakai bahan alami. Beberapa material yang bisa Anda gunakan adalah:

    Madu
    Bahan alami yang sangat bagus untuk memperbaiki rambut gagal smoothing adalah madu. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam madu akan membuat rambut jadi halus. Kulit kepala Anda juga akan ternutrisi dengan baik, sehingga rambut pun otomatis jadi lebih sehat.

    Yogurt
    Yang unik dari yogurt adalah, Anda bisa menggunakannya sebagai masker rambut dan juga mengonsumsinya langsung untuk mendapatkan manfaat yang baik pada rambut Anda. Aneka vitamin dan kandungan anti bakteri dalam yogurt sangat baik untuk memperbaiki rambut rusak.

    Minyak Zaitun
    Punya aneka minyak di rumah seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, atau minyak esensial lainnya? Anda bisa mengaplikasikannya langsung ke rambut Anda. Atau, Anda bisa membuat racikan seperti dengan menambahkan minyak dengan yogurt dan buah pisang atau buah alpukat, lalu aplikasikan adonan masker tersebut ke rambut Anda.

  5. Jangan Sering Keramas
    Jika rambut berhijab harus sering dikeramas agar selalu bersih, rambut yang sudah di smoothing (terutama ketika pernah gagal) harus jarang dikeramas. Smoothing menggunakan obat kimia yang membuat rambut jadi lurus dan halus. Semakin sering Anda keramas, maka obat smoothing pun akan semakin cepat terkikis.

  6. Kondisioner
    Jangan lupa pakai kondisioner setiap sehabis keramas supaya rambut Anda tidak krispi.

  7. Vitamin
    Setelah selesai keramas, jangan langsung mengeringkan rambut. Apalagi jika Anda hobi memakai hairdryer dan catokan. Selalu bubuhkan vitamin rambut kesayangan Anda sehabis keramas, supaya rambut Anda jadi lebih sehat dari hari ke hari.

  8. Jangan Ikat Rambut
    Ada pantangan buat orang yang rambutnya di smoothing, yaitu membengkokkan dan mengikat rambut. Baik itu menggunakan karet, ikat rambut, jepitan, bando, ataupun headpiece, semuanya dilarang keras. Soalnya rambut yang dismoothing rentan bengkok. Sekali saja Anda menggunakan jepit atau ikat rambut bisa berbekas selamanya.

Itulah penjelasan tentang penyebab smoothing gagal, ciri-ciri smoothing gagal dan solusi smoothing gagal.

Sebelum memulai smoothing ada baiknya Anda perhatikan tips sebelum smoothing berikut dan perhatikan pula beberapa faktor yang bisa menjadi penghambat hasil dari smoothing yang akan dilakukan, agar biaya dan waktu yang Anda keluarkan untuk smoothing rambut tidak sia-sia.

Semoga bermanfaat.
Baca artikel tentang smoothing lainnya disini

smoothing rambut jogja
 

Post a Comment for "Penyebab Smoothing Gagal dan Solusinya"