11 Teknik Pewarnaan Rambut yang Bisa Anda Coba

teknik pewarnaan rambut

Mewarnai rambut sudah menjadi tren yang berkembang di jaman sekarang. Tidak hanya warna hitam pekat, merah menyala atau cokelat tebal, para penata rambut memiliki teknik pewarnaan rambut khusus yang membuat tampilan warna rambut menjadi semakin mempesona.

Sebut saja highlight, ombre, dan balayage. Masing-masing teknik tersebut memiliki ciri khas tersendiri, sehingga membuat tampilan yang berbeda satu sama lainnya.

Teknik Pewarnaan Rambut

Ada banyak teknik pewarnaan rambut yang bisa Anda pilih. Mau tahu apa saja? Simak penjelasan tentang teknik pewarnaan rambut berikut ini.
  1. All-over hair color
    teknik pewarnaan rambut
    source chromastics.com
    Sesuai dengan namanya, teknik ini merupakan pengaplikasian hanya satu warna ke rambut Anda.

    Teknik ini memiliki tiga tingkat, yaitu:

    Permanen, formula ini mengandung amonia dan peroksida yang secara kimia akan mengubah warna rambut Anda. Perubahan kimia inilah yang membuatnya menjadi permanen.

    Demi-permanen, formula ini tidak mengandung amonia, tetapi mengandung peroksida untuk membantu rambut menyerap warna. Umumnya warna akan memudar dalam 12 hingga 24 kali keramas.

    Semi-permanen, pewarnaan tidak mengandung amonia dan warna hanya tersimpan di permukaan rambut. Umumnya warna akan menghilang sekitar 6 hingga 12 kali keramas.
    .
  2. Two tone hair coloring
    teknik pewarnaan rambut
    source hairstylesweekly.com
    Teknik ini hanya menggunakan dua warna, satu untuk dasar rambut dan satu lagi untuk helai rambut yang lebih terang, lebih gelap, atau diperkaya dengan warna. Di era balayage, teknik seperti ini mungkin sudah sulit ditemukan. Sebagian besar penata rambut lebih suka menggunakan 3 atau lebih banyak warna untuk memadukan highlight sempurna ke rambut.

    Jika tertarik, Anda bisa lihat contoh gaya rambut dip-dye atau pewarnaan rambut biru dan ungu. Penata rambut lebih sering memilih 2 warna, atau yang biasa dikenal dengan peek-a-boo hair.

    Namun, teknik pewarnaan dua tone ini tidak hanya dibuat dengan warna-warna pastel atau cerah, bisa juga dalam teknik ombre klasik atau balayage.
    .
  3. Highlights
    teknik pewarnaan rambut
    source matrix.com
    Highlights merupakan teknik pewarnaan rambut yang tidak pernah ketinggalan zaman karena mampu menciptakan efek tebal dan juga efek multi dimensi ke dalam rambut. Teknik ini sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali mewarnai rambut.

    Secara umum, highlights merupakan teknik di mana bagian rambut yang diwarnai akan menjadi lebih terang dari warna alami rambut. Teknik ini bisa digunakan untuk memberikan dimensi rambut, menonjolkan fitur wajah, atau untuk membantu memberi kesan ramping pada wajah.

    Highlight bisa ditempatkan di atas kepala, di depan, di lapisan atas atau hanya di ujung, tergantung di bagian mana yang lebih membutuhkan dimensi. Ada dua jenis highlight yang paling populer: teknik foiling tradisional dan free-hand (alias hair painting).
    .
  4. Ombre
    teknik pewarnaan rambut
    source pinterest.com
    Dalam bahasa Prancis, ombre artinya teduh. Oleh karena itu, ombre juga biasa disebut dengan teknik pewarnaan rambut bayangan, memadukan dua warna rambut secara bersamaan. Rambut Anda akan terlihat gelap dari akar dan semakin terang menuju ujungnya.

    Teknik ini memiliki tujuan untuk memastikan tidak ada garis keras antara kedua warna rambut sehingga mampu menghasilkan tampilan yang canggih dan elegan.

    Selain itu, Anda juga bisa memilih paduan warna yang lain. Bagian akar akan menggunakan warna rambut asli, sementara warna pilihan akan menyatu di ujung rambut.
    .
  5. Sombre
    teknik pewarnaan rambut
    source drumsofthunder.org
    Sombre terlihat lebih lembut daripada ombre, artinya perbedaan antara warna akar dan ujung rambut tidak sekontras pada teknik ombre. Warna akar dan ujung harus memiliki tone yang berdekatan, misalnya warna abu dan platinum atau warna karamel dan cokelat. Sombre akan memberikan warna rambut dengan efek memudar secara bertahap.
    .
  6. Balayage
    teknik pewarnaan rambut
    source salon130.com
    Balayage berasal dari bahasa Prancis, yang artinya menyapu atau mengecat. Balayage sudah menjadi salah satu teknik pewarnaan rambut paling populer sepanjang masa. Banyak selebriti memilih teknik pewarnaan yang satu ini daripada yang lainnya. Balayage didapat dengan cara menggabungkan teknik ombre dan highlight.

    Akan tetapi, balayage berbeda dari highlight karena tidak menggunakan foil. Warna disapu melalui bagian segitiga kecil pada rambut dengan menggunakan tangan, menciptakan highlight yang terlihat alami.

    Hasil akhir dari tekni ini adalah highlight yang lembut dan rambut akan tampak seperti terkena sinar matahari secara alami. Balayage juga tidak memerlukan perawatan yang susah sehingga cocok untuk Anda yang sibuk.
    .
  7. Temporary Hair Coloring
    teknik pewarnaan rambut
    source harpersbazaar.com
    Teknik pewarnaan rambut yang satu ini menggunakan cat rambut yang hanya mengandung hidrogen peroksida tanpa kandungan amonia. Cat rambut semi permanen ini hanya mewarnai batang rambut bagian luar saja. Meskipun warnanya lebih cepat luntur, akan tetapi teknik ini lebih aman untuk kesehatan rambut. Biasanya bentuk dari temporary hair coloring ini berupa cairan dalam botol spray atau serbuk.
    .
  8. Permanent Hair Coloring
    teknik pewarnaan rambut
    source myhdhair.com
    Car rambut yang digunakan dalam teknik permanent hair coloring ini mengandung amonia dan hidrogen peroksida. Kedua bahan tersebut bisa “mengangkat” pigmen asli rambut sehingga warna cat rambut meresap sempurna sampai ke dalam batang rambut dan bertahan secara permanen.
    .
  9. Hair Bleaching
    teknik pewarnaan rambut
    source pinterest.com
    Bleaching rambut merupakan istilah paling populer di antara teknik pewarnaan rambut lainnya. Namun, banyak orang belum memahami konsep di balik teknik bleaching rambut ini.

    Bleaching merupakan proses menghilangkan pigmen rambut supaya zat warna baru bisa mudah masuk ke dalam rambut dan menghasilkan warna yang diinginkan.

    Jika Anda ingin mewarnai rambut dengan warna-warna terang, Anda harus melakukan bleaching agar mendapatkan warna yang sesuai dengan keinginan. Tanpa proses bleaching, biasanya warna rambut yang dihasilkan akan lebih gelap dibandingkan warna pilihan Anda.
    .
  10. Foiling
    teknik pewarnaan rambut
    source behindthechair.com
    Foiling merupakan bagian dari teknik highlight yang bertujuan untuk mewarnai rambut pada bagian-bagian tertentu saja. Sesuai dengan namanya, teknik foiling menggunakan aluminium foil untuk memisahkan rambut berdasarkan warna-warna yang diinginkan. Beberapa helai rambut Anda akan dibungkus dengan aluminium foil agar warnanya tidak saling bercampur satu sama lain.
    .
  11. Splashlight
    teknik pewarnaan rambut
    source theskincareedit.com
    Splashlight merupakan teknik pewarnaan rambut yang populer setelah tren rambut ombre. Teknik ini menggunakan warna-warna bernuansa cerah seperti blonde, hijau, pink, biru, dan sebagainya yang ditempatkan di tengah-tengah rambut dengan posisi horizontal. Jika Anda ingin mewarnai rambut dengan teknik ini, sebaiknya warna dasar rambut yang Anda gunakan adalah cokelat muda agar warna splashlight di bagian tengahnya tampak lebih hidup.

Itulah beberapa teknik pewarnaan rambut yang sering digunakan oleh para penata rambut.

Jika Anda ingin mewarnai rambut, kenali dahulu kebutuhan, jenis rambut dan bentuk wajah Anda, sehingga Anda bisa menentukan teknik pewarnaan mana yang paling tepat. Jadi jangan sampai salah memilih warna rambut ya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "11 Teknik Pewarnaan Rambut yang Bisa Anda Coba"